Sabtu, 29 Juni 2013

Pertanyaan absurd soal jodoh dan tulang rusuk



" Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan.“(HR. Al-Bukhori no 3331 dan Muslim no. 3632)

Sebelumnya sering ada pertanyaan aneh yang tiba tiba sering muncul karena lagunya Lastchild feat Giselle “Seluruh Nafas Ini”, Siapa sebenarnya wanita yang merupakan bagian dari tulang rusuk saya? Kalau wanita diciptakan dari tulang rusuk pria, berarti jumlah tulang rusuk pria dan wanita tidak sama? Kalau jodoh itu memang merupakan tulang rusuk, bagaimana dengan pria beristri lebih dari satu, apa berarti ada lebih dari satu tulang rusuk yang hilang dari pria tersebut? Kalau pria menikah lebih dari sekali, karena si istri meninggal terlebih dahulu, apa almarhumah istri bukan bagian dari tulang rusuk si pria?Lalu bagian dari tulang rusuk siapakah si almarhumah istri jika suaminya kemudian menikah lagi? Apakah jodoh itu benar benar berarti bagian dari tulang rusuk yang hilang?

Sebelum menjawab pertanyaan absurd diatas, ada baiknya kalian dan saya, bagi yang muslim, setelah menjawab, membaca kalimat syahadat lagi, untuk mengurangi resiko karena memikirkan hal hal absurd dan aneh. . .

Siapakah sebenarnya wanita yang merupakan bagian dari tulang rusuk saya? Ini pertanyaan konyol, hanya waktu yang bisa menjawabnya, dan itu entah kapan, maka belum bisa dijawab berarti. . .

Kalau wanita diciptakan dari tulang rusuk pria, berarti jumlah tulang rusuk pria dan wanita tidak sama? Dari mas Wikipedia ditulis “Dalam anatomi, tulang rusuk atau iga (Latin: costae adalah tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk.) Tulang rusuk melindungi dada (Latin: thorax), paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya di rongga dada. Pada mamalia, tulang rusuk terdapat hanya di bagian dada. Namun pada reptil, tulang rusuk kadang-kadang terdapat dari bagian leher hingga sacrum. Terdapat beberapa jenis ikan yang dapat memiliki hingga 4 rusuk pada setiap tulang punggung. Manusia (baik pria dan wanita) memiliki 24 tulang rusuk (12 pasang). Hal ini pertama kali dikemukakan oleh Vesalius pada 1543 untuk menyelesaikan kontroversi yang terjadi pada saat itu. Jelas jawabannya tulang rusuk pria dan wanita sama jumlahnya kan. . .

Kalau jodoh itu memang merupakan tulang rusuk, bagaimana dengan pria beristri lebih dari satu, apa berarti ada lebih dari satu tulang rusuk yang hilang dari pria tersebut? Tergantung bagaimana kita mengartikannya, kalau secara harfiah iya, tapi yang jelas ini hanya sebuah perumpamaan saja. Konsep tulang rusuk, jika Tuhan memang menciptakan  Hawa dari tulang rusuk Adam, maka jelas 1 wanita adalah diciptakan dari 1 pria, karenanya tiap orang hanya mempunyai satu jodoh (sekali lagi ini menurut saya), dan itu artinya dari berapapun istri si pria, hanya satu yang benar benar merupakan jodohnya, ini menurut saya. . . Jadi kalau kasusnya seperti di bawah, konsep jodoh adalah sehidup semati, jodoh akan berakhir jika salah satu mati, karena yang masih hidup kemungkinan besar akan menemukan jodohnya yang lain..

Kalau pria menikah lebih dari sekali, karena si istri meninggal terlebih dahulu, apa almarhumah istri bukan bagian dari tulang rusuk si pria?Lalu bagian dari tulang rusuk siapakah si almarhumah istri jika suaminya kemudian menikah lagi? Dengan konsep diatas, diulangi lagi, satu wanita untuk satu pria, satu wanita merupakan jodoh atau belahan jiwa dari seorang pria. Saya sendiri juga agak bingung, menurut pendapat saya, sepanjang umur si istri sampai meninggal, dia adalah jodoh si suami, tapi untuk jangka waktu samapai si istri meninggal, jika kemudian suami menikah lagi, ada kemungkinan dia menemukan jodohnya yang lain, selama masa hidup si suami, karena ada kemungkinan kasusnya sama jika suami yang meninggal terlebih dahulu. Si Suami adalah jodoh dari si istri sampai dia meninggal, kemudian jodohnya yang lain masih ada dan hidup di dunia…

Apakah jodoh itu benar benar berarti bagian dari tulang rusuk yang hilang? Konsep tulang rusuk adalah jodoh, jodoh adalah sehidup semati, jadi jika manusia mengharapkan jodoh adalah satu seumur hidup,kalimatnya benar. Selama hidup, dia adalah jodoh, jadi ketika ikatan kehidupan itu lepas, ikatan jodoh itu berakhir, itu menurut saya. Karena sekali lagi, banyak cerita tentang jodoh diakhiri ketika maut memisahkan, ketika ajal sudah menjemput, meskipun sekarang kenyataannya, banyak yang mengatasnamakan cinta dan jodoh untuk sesaat saja. 

Sudah, cari ilmu saja dulu, siapa tahu jodohmu, ada ditempatmu mencari ilmu, atau cari kerja saja dulu, siapa tahu, jodohmu ada ditempat kerjamu. .

1 komentar:

  1. Sy msh 30 thn tp suami sy meninggal. Sering jg bertanya2,klo nanti sy menikah lagi, berarti sy ada jodoh lagi.. Trs sbnrnya sy tulang rusuk siapa? 😀

    BalasHapus